A COMPARATIVE STUDY OF SPACED AND MASSED TIME ALLOTMENT IN IMPROVING ENGLISH VOCABULARY OF THE STUDENTS OF MADRASAH ALIYAH DAKWAH ISLAMIYAH PUTRA NURUL HAKIM KEDIRI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh durasi pembelajaran bersambung (spaced time allotment) dan durasi pembelajaran langsung (massed time allotment) terhadap peningkatan kemampuan kosakata bahasa Inggris siswa kelas 11 IPA 1 dan kelas 11 IPA 2 Madrasah Aliyah atau setingkat kelas 2 SMA program IPA 1 dan IPA 2. Pembelajaran kosakata bahasa Inggris yang menggunakan Spaced time allotment berlangsung 45 menit kemudian istirahat atau jeda selama 8 jam setelah itu siswa mendapatkan pembelajaran Kosakata bahasa Inggris kembali selama 45 menit. Pembelajaran ini berlangsung 10 kali pertemuan dengan total durasi 450 menit dengan 100 kosakata. Adapun pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran massed time allotment berlangsung selama 90 menit langsung tanpa ada jeda pada waktu tersebut selama 5 kali pertemuan. Persamaan kedua pembelajaran ini (spaced dan massed time allotment) adalah kedua-duanya sama-sama memiliki total durasi yang sama yaitu 450 menit dan sama sama memiliki total kosakata bahasa inggris yaitu 100 kosakata. Total sampel kedua kelompok ini adalah 49 orang siswa dengan perincian 26 siswa kelompok IPA 1 dan 23 siswa kelompok IPA 2. Data diperoleh dengan menggunakan pre-test-dan pos-test dari kedua kelompok perlakuan. Telah didapatkan bahwa perlakuan pembelajaran dengan menggunakan spaced time allotment adalah lebih baik daripada pembelajaran massed time allotment. Nilai rata rata pada kelompok IPA 1 adalah 78.03 sementara nilai rata-rata IPA 2 adalah 66.37. terdapat hasil yang berbeda nyata pada peningkatan kosakata bahasa inggris siswa. Berdasarkan hasil penghitungan t-test kedua kelompok didapatkan bahwa nilai t-hitungnya lebih besar (6.755) daripada t-table (2.704) pada siginifikansi 0.05 dengan derajat kebebasan 22. Penelitian ini menerima hypothesis alternative yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara spaced time dengan massed time allotment dalam meningkatkan kemampuan siswa pada penguasaan kosakata bahasa Inggris.
Kata Kunci: Perbandingan, waktu jeda, tanpa waktu jeda, peningkatan, kosakata bahasa Inggris.