STUDENTS’ ATTITUDES AND THEIR ABILITIES IN ENGLISH READING TEXTS AT SMPN 1 PRINGGARATA

  • Istianah Istianah Magister Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Mataram

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan anatara sikap dan kemampuan sisiwa dalam teks berbahasa Inggris, untuk mengetahui bagaimana sikap sisiwa terhadap teks bacaan berbahasa Inggris,  untuk mengetahui di teks yang mana mereka mempunyai sikap paling positif, dan untuk mengetahui alasan mereka bersikap positif an negatif. penelitian ini menggunakan metode campuran. Populasinya berjumlah 210 siswa kelas 8 SMPN 1 Pringgarata. Sampelnya berjumlah 118 siswa yang ditentukan menggunakan tehnik simple random sampling. Instrument yang digunakan adalah angket, test, dan wawancara. Analisis data menggunakan persentase dan analisis statistik yang disebut spearman correlation pada program SPSS. Hasilnya adalah 0.048<0.05. Ini berarti bahwa sikap siswa berhubungan dengan kemampuan mereka dalam teks bacaan bahasa Inggris. Oleh karena itu alternative hypothesis (Ha) diterima walaupun hubungannya sangat lemah (0.182). Dari penelitian ini diketahui juga bahwa kebanyakan siswa mempunyai sikap yang bagus terhadap teks bacaan dalam bahasa Inggris dan mereka mempunyai sikap yang sangat positive terhadap narrative teks. Alasan mereka mempunya sikap positif terhadap descriptive, recount, dan narraive teks adalah ketiga teks tersebut mudah dipahami, dan mereka juga senang membaca recount teks karena mereka suka menulis pengalaman sendiri dan senang membaca tulisan tentang pengalaman orang lain. Sedangkan alasan mereka mempunyai sikap negatif terhadap ke3 teks tersebut adalah karena teks- teks itu terlalu panjang dan sulit dipahami.

Key Words: Sikap, kemampuan, dan teks berbahasa Inggris.

Diterbitkan
2017-05-15
Bagian
Articles