RHETORIC AND THE CASE OF LINEARISATION IN POST GRADUATE STUDENTS’ ESSAYS
Abstrak
Penelitian ini berkaitan dengan analisa retorik, linierisasi, tatabahasa di dalam esai. Data dikumpulkan dari 24 esai yang ditulis oleh mahasiswa Bahasa Inggris program pascasarjana Universitas Mataram tahun ajaran 2015. Semua esai diambil dari mata kuliah ELT Curriculum and Materials Development dan Teaching English for Young Learners (TEYL) sebagai tugas akhir. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif dimana semua temuan dijabarkan dengan menggunakan kata-kata. Tujuan penelitian ini untuk menemukan masalah retorik, masalah linearisasi, dan kesalahan tatabahasa yang muncul di dalam esai mahasiswa Bahasa Inggris pascasarjana. Ada 10 permasalahan retorik, 12 permasalahan linierisasi, dan 158 permasalahan tatabahasa yang ditemukan di dalam semua esai berdasarkan data analisa sebagai hasil penelitian. Kemampuan retorik, susunan ide yang linier, dan kemampuan tatabahasa yang dibutuhkan oleh mahasiswa Bahasa Inggris supaya menjadi pembelajar Bahasa Inggris yang mampu membaca dan menulis dengan baik dan benar, sehingga mereka bisa menghasilkan esai yang bagus khususnya di dalam Bahasa Inggris.
Kata Kunci: Retorik, Kemampuan Tatabahasa, Permasalahan Linierisasi, Esai.